Resep Tahu Gejrot Cirebon Maknyos!

Article rani | October 2017

Tahu gejrot merupakan salah satu kuliner sederhana yang khas sekali dari Kota Cirebon. Tahu gejrot sebenarnya merupakan tahu yang rasanya tawar, berwarna kuning pucat kecoklatan dengan tekstur kulit yang tebal dan isinya yang agak kosong. Tahu gejrot selain dijadikan sebagai bahan pembuatan tahu gejrot. Tahu ini juga sering digunakan oleh para ibu rumah tangga sekitar untuk dibuat tumis bersama aneka sayuran seperti daun caisim dan brokoli.

Selain itu tahu gejrot sendiri juga sering dinikmati begitu saja dengan sambal petis. Rasa sambal petis yang khas enak dan nikmat akan semakin menambah selera bagi para penggemar tahu gejrot, seperti yang kami katakan diatas bahwa tahu gejrot sendiri merupakan kuliner yang sangat sederhana dari Kota Cirebon. Tahu yang disajikan digoreng terlebih dahulu lalu dipotong-potong kecil.

Dimana penyajiannya dihidangkan bersama siraman kuah yang bumbunya terdiri dari cabai, bawang merah, gula dan beragam kreasi bumbu lainnya. Jika dirasa-rasa bumbu kuah tahu gejrot ini sangat kental sekali dengan rasa bawang putihnya, pedas manisnya pun sangat pas dan terasa nikmat sekali dilidah. Namun jika anda salah satu penyuka pedas, anda dapat mengatur sendiri tingkat kepedasannya.

Tahu gejrot biasanya disajikan dimangkok kecil ataupun plastik putih yang dijajakan oleh para pedagang keliling. Harga yang dimiliki tahu gejrot pun dapat dibilang relatif murah, karena dengan mengeluarkan uang sekitar lima ribu rupiah hingga sepuluh ribu rupiah per porsinya kita sudah dapat menikmati enaknya tahu gejrot. Karena kecintaan masyarakat akan tahu gejrot, tahu gejrot pun sekarang tidak hanya ada di Cirebon.

Namun dikota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Bandung, dan kota lainnya pun sudah banyak pedagang yang menjajakan tahu gejrot. Namun tidak ada salahnya jika kali ini anda membuat tahu gejrot sendiri dirumah, selain lebih higienis saat membuat tahu gejrot sendiri pun akan lebih ekonomis. Jadi tunggu apa lagi, silahkan siapkan bahan-bahannya lalu ikuti cara membuatnya seperti berikut ini.

Resep Tahu Gejrot Cirebon Maknyos

Bahan-bahan Tahu Gejrot :

  •     Tahu pong 15 buah atau tahu sumedang ( dipotong-potong menjadi 4 bagian )
  •     Air 250 mili liter
  •     Air asam jawa 3 sendok makan
  •     Kecap pedas manis 2 sendok makan ( atau kecap manis )
  •     Kecap asin 1 sendok makan
  •     Garam 1/2 sendok teh ( atau sesuai selera )
  •     Gandu 1/2 atau gula merah 3 sendok makan ( disisir )

Bumbu Ulek Kasar Tahu Gejrot :

  •     Cabai rawit merah 3 buah
  •     Bawang merah 3 butir
  •     Bawang putih 2 siung

Cara Membuat Tahu Gejrot :

  1. Pertama-tama campurkan air, gula merah, air asam jawa, kecap manis, kecap asin dan garam. Lalu rebus hingga mendidih, matikan api dan biarkan dingin, lalu campurkan kuah dengan bumbu yang sudah diulek kasar.
  2. Selanjutnya masukkan potongan tahu kedalam mangkuk saji, kemudian siramkan dengan kuah sambalnya.
  3. Resep Tahu Gejrot Cirebon Enak siap untuk dihidangkan.

Selesai, jika kita lihat bahan-bahan yang digunakan dan cara membuatnya sangat mudah dan praktis banget yah? Anda dapat sajikan tahu gejrot ini saat santai bersama keluarga tercinta anda dirumah, oke, selamat mencoba dan berkreasi sendiri dengan Resep Tahu Gejrot Cirebon Maknyos ini yah. 


(Sumber: resephariini.com)