Kimchi? Ini 6 Manfaatnya Bagi Kesehatan Tubuh

Article rani | January 2018

Apa itu kimchi? Kimchi merupakan makanan sejenis asinan sayur hasil fermentasi yang diberi bumbu pedas. Kubis adalah sayuran favorit yang kerap dijadikan bahan baku utama Kimchi. Kubis kemudian difermentasi dengan campuran bawang putih, kecap ikan, serpihan paprika merah, tepung beras, garam, jahe, lobak, hingga wortel.

Difermentasi dalam Onggi, atau pot tanah liat, Kimchi sangat disukai hampir seluruh orang di dunia. Di Korea, Kimchi dinikmati bersama hidangan lainnya, dan dimakan dengan sumpit. Begitu spesialnya Kimchi, hingga Google Doodle hari ini menampilkan setiap detail resep yang membuat Kimchi begitu nikmat.

Adapun pada 22 November adalah hari Perayaan Kimchi! Makanan tradisional khas Korea ini sedang dibuat secara besar-besaran sepanjang bulan November dan Desember, untuk persiapan menghadapi musim dingin. Namun Kimchi ternyata bukan hanya lezat untuk menjadi teman santapan berbagai hidangan. Namun dibalik sayuran terfermentasi ini ternyata tersimpan sejumlah manfaat yang sangat luar biasa, seperti: 

1. Konsumsi kimchi diketahui bermanfaat bagi kesehatan saluran cerna, terutama bagi Anda yang biasa mengalami sembelit. Selain tinggi serat, fermentasi yang dilakukan pada kimchi membuatnya banyak mengandung bakteri baik untuk usus. Makanan fermentasi ini juga kaya akan vitamin A, B1, B2, hingga vitamin C. Kimchi juga kaya akan asam amino, dan mineral seperti zat besi, dan juga kalsium.

2. Lada merah merupakan bumbu utama yang menghasilkan rasa pedas pada kimchi. Sejumlah penelitian menyebut lada merah memiliki sifat antioksidan yang membuatnya baik bagi sistem daya tahan tubuh.

3. Hanya terbuat dari sayuran, kimchi tentunya mengandung kalori yang rendah namun tetap mengenyangkan karena tinggi serat. Kimchi juga merupakan sumber bakteri lactobacillus sehat yang bermanfaat bagi tubuh. Bakteri baik ini juga membantu menurunkan berat badan, dengan mengendalikan nafsu makan, serta mengurangi kadar gula darah. Kandungan serat dalam Kimchi membuat tubuh anda kenyang, dan mencegah Anda untuk makan berlebih.

4. Manfaat lainnya dari antioksidan yang ada di kimchi adalah menjaga penampilan tubuh. Antioksidan memerangi radikal bebas, yang membuat kulit Anda tetap cerah dan tampak muda. Selain itu antioksidan yang dimiliki Kimchi membuatnya memberikan efek perlindungan terhadap kerusakan oksidatif, dan juga melindungi tubuh dari efek berbahaya radikal bebas.

5. Fermentasi pada kimchi terjadi karena adanya lactic acid bacteria. Bakteri baik ini sangat berperan dalam penumpasan Helicobacter Pylori, bakteri jahat yang dapat menyebabkan penyakit tukak lambung.

6.  Kubis dan selada adalah sayuran yang menjadi bahan utama pembuatan kimchi. Riset menunjukkan kubis dan selada dapat menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah. Rutin mengonsumsi Kimchi dapat berdampak baik pada kadar kolesterol. Bawang putih yang digunakan untuk fermentasi Kimchi, kaya akan selenium dan Allicin. Selenium diketahui merupakan komponen unggulan yang membantu menurunkan kadar kolesterol, sehingga membantu mengurangi risiko stroke dan serangan jantung.

Manfaat berharga lainnya yang diberikan Kimchi adalah ia berkontribusi pada kualitas anti penuaan. Hal ini karena adanya kandungan antioksidan dan vitamin C yang dimilikinya. Sebuah studi menunjukkan bahwa Kimchi mengurangi stres oksidatif dalam sel, dan menghambat peroksidasi lipid (kelompok molekul alami dalam tubuh) sehingga memperpanjang umur tubuh.

Jadi kalian tidak usah ragu lagi untuk menikmati kimchi secara rutin karena takut sakit perut, dibalik itu kimchi juga mengandung banyak manfaat bagi kesehatan tubuh lainnya.


Source: pikiran-rakyat.com