Atasi Mual Dengan Cabai, Apel Atau Makanan Ini

Article rani | November 2017

Saat seseorang mengalami mual, biasanya dokter menyarankan untuk minum obat anti mual. Padahal ada makanan dan minuman penghilang rasa mual. Agar cara menghilangkan mual bisa diterapkan dengan tepat, sebelumnya kita harus mengetahui apa yang dimaksud dengan mual. Mual adalah sensasi kegelisahan dan ketidaknyamanan yang disertai dorongan rasa ingin muntah. Biasanya berlokasi di perut bagian atas.

Meski kebanyakan rasa mual kemudian diikuti oleh muntah, namun ada juga mual yang tidak diakhiri dengan muntah. Namun jika mual dibiarkan berkepanjangan, maka bisa membuat seseorang menjadi lemas karena kehilangan energi.

Berikut penjelasannya:

Cabai
Birmingham, Alabama onkologi, Luis F. Pineda, MD, berpikir cabai pedas bisa mengurangi rasa mual. Cabai mengandung senyawa yang disebut capsaicin yang mengurangi rasa nyeri. Capsaicin juga merangsang neurotransmitter yang bekerja pada otak seperti obat anti-mual.

Apel
Serat dalam apel akan merangsang dan menghilangkan rasa mual. Selain apel segar, selai dan jus apel juga dapat dikonsumsi khusus untuk Anda yang mengalami kesulitan pencernaan makanan padat.

Biskuit Krakers
Para ahli di American Institute of Cancer Research mengatakan roti kering, biskuit, sereal, atau pretzel dapat mengatasi mual. Makanan tersebut membantu menyerap asam lambung dan menghilangkan rasa mual.

Jahe
Jahe dapat mengurangi mual, karena mengandung zat gingerol dan shogaols yang membantu meredakan peradangan, memberikan sensasi menenangkan di perut, dan ketidaknyamanan pencernaan seperti gas dan sakit perut. Konsumsi secangkir teh jahe, segelas ginger ale, beberapa cookie gingersnap, acar jahe, atau permen jahe saat mual.

Air
Seteguk air akan membantu Anda tetap terhidrasi dan menghindari sakit kepala yang sering menyertai mual. Mulailah dengan minum perlahan dalam jumlah sedikit.

Kacang-kacangan
Konsumsi makanan yang mengandung protein saat mual, seperti kacang-kacangan yang mudah dicerna. Kacang-kacangan akan dengan cepat menghasilkan energi dan membantu mengurangi rasa mual.

Pisang
Jika mual disertai dehidrasi atau bahkan hingga muntah, segeralah makan sepotong buah pisang. Pisang dapat membantu memulihkan kalium yang sering habis akibat diare dan muntah.

Setangkai Daun Mint
Daun mint segar benar-benar dikunyah atau dicampur dalam segelas teh, lalu diminum. Cara tersebut dianggap sebagai obat efektif untuk menghilangkan mual.

Lemon
Lemon dapat dikonsumsi dengan cara menghisap langsung irisan lemon atau bisa juga dicampurkan dalam secangkir teh. Lemon mengandung senyawa yang dapat menetralkan asam, memperbanyak produksi air liur yang dapat membantu meredakan mual, dan membentuk bikarbonat, senyawa yang membantu meredakan mual.

Comfort Foods
Aroma yang kuat, rasa pedas, dan berlemak dapat memicu rasa mual. Jadi cara terbaik adalah dengan mengkonsumsi makanan sederhana, seperti nasi, mie, dan kentang tumbuk. Sebagian besar makanan tersebut akan memberikan rasa nyaman pada perut.

Jika cara menghilangkan mual di atas tidak bisa memperbaiki keadaan, maka sebaiknya segera hubungi dokter. Menghubungi dokter juga sebaiknya dilakukan saat mual disertai dehidrasi dan penyakit yang menyebabkan muntah.


(Sumber/Sajian Sedap/Tribunnews)