Manfaat Jalapeno, Cabai Pedas Asal Meksiko

Article bejo | January 2018

Jalapeno dikenal karena rasanya yang khas. Cabai jalapeno mempunyai rasa pedas yang sangat kuat dan mengigit. Awalnya jalapeno dibudidayakan di Meksiko, jalapeno memiliki sejumlah manfaat pengobatan dan kesehatan. Masukkan jalapeno dalam menu makanan Anda untuk mendapatkan manfaatnya Cabai ini biasanya dijual dalam bentuk acar dan dikemas dalam botol. Tiriskan cabai hingga kering lalu cincang kasar saat akan memasaknya.

Jalapeno juga dikenal mempunyai kemampuan dalam menyembuhkan berbagai penyakit. Selama dikonsumsi dalam jumlah yang tepat jalapeno sangat baik bagi kesehatan. Berikut khasiat dan manfaat jalapeno bagi kesehatan.

Manfaat Jalapeno

1. Mengurangi sinusitis

Manfaat jalapeno yang pertama adalah mengurangi peradangan sinusitis. Jalapeno membantu mengeluarkan lendir yang disebabkan pilek dan batuk. Mengkonsumsi cabai jalapeno membantu mengurangi masalah sinusitis.

2. Menurunkan berat badan

Jalapeno merupakan makanan termogenik yang mana bila dikonsumsi dapa membantu pembakaran kalori dalam tubuh. Makanan termogenik sangat membantu dalam proses penurunan berat badan.

3. Mengurangi nyeri sendi

Cabai jalapeno juga mempunyai sifat anti-inflamasi yang sangat membantu dalam mengurangi rasa saki akibat radang sendi. Konsumsi jalapeno membantu mengendurkan kejang otot dan kram pada tubuh.

4. Mencegah kanker

Flavonoid juga ditemukan dalam jalapeno, sehingga cabai ini membantu dalam memperbaiki sel yang rusak karena penyakit. Konsumsi jalapeno membantu mengurangi resiko kanker. Penlitian menemukan jalapeno dapat mengurangi resiko kanker prostat hingga 50%.

5. Meningkatkan kesehatan jantung

Mengkomsumsi jalapeno juga membantu menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Disamping itu jalapeno juga membantu meningkatkan kadar kolesterol baik. Pada gilirannya jantung menjadi sehat.

6. Membantu menurunkan tekanan darah

Jalapeno merupakan sumber dari vitamin A dan C yang sangat baik dalam menurunkan tekanan darah dalam tumbu. Konsumsi jalapeno membantu mengontrol tekanan darah tetap sehat.

7. Menjaga kekebalan tubuh

Manfaat jalapeno yang terakhir adalah kemampuannya dalam menjaga sistem kekebalan tubuh. Jalapenos mengandung antioksidan yang menjaga tubuh Anda tetap sehat dan memerangi berbagai virus dan radikal bebas.

Jalapeno dikenal akan sifat termogenik, yang bila dikonsumsi dapat membantu dalam penurunan berat badan. Makanan yang kaya termogenik membantu dalam membakar kelebihan kalori dalam tubuh. 

Walapun Jalapeno mungkin masih sangat asing di Indonesia. Namun setidaknya kita tahu tentang manfaat jalapeno dan dapat mengaplikasikannya dalam menu masakan anda.



(Sumber :VIVA.co.id )