Makanan Pedas Bisa Turunkan Risiko Kematian Akibat Penyakit Jantung

Article bejo | January 2018

Benarkah Makan Pedas Dapat Turunkan Resiko Kematian akibat Serangan Jantung?? Percaya atau tidak anda harus mengetahui hal ini.  Sebelum kita membahas mengenai kandungan dan manfaat cabai, alangkah baiknya kita ketahui dahulu apa itu serangan jantung dan Penyebabnya??

Serangan jantung bisa juga disebut Penyakit jantung koroner. Penyakit jantung koroner terjadi karena tersumbatnya pembuluh darah utama yang memasok darah ke jantung (pembuluh koroner) karena timbunan kolesterol berupa plak. Plak yang retak akan mengakibatkan terjadinya penggumpalan darah.

Beberapa faktor resiko terpenting penyebab penyakit jantung koroner :

  • Kadar Kolesterol Total dan LDL tinggi
  • Kadar Kolesterol HDL rendah
  • Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi)
  • Merokok
  • Diabetes Mellitus
  • Kegemukan
  • Riwayat keturunan penyakit jantung dalam keluarga
  • Kurang olah raga
  • Stress

Bila Anda menyandang salah satu atau beberapa faktor resiko tersebut diatas, Anda dianjurkan secara berkala memeriksakan diri kedokter  atau rumah sakiit terdekat.

Namun seperti apa yang akan kita bahas mengenai judul di atas bahwa ada cara yang sangat langka sekali dalam menurunkan resiko terkena penyakit jantung koroner dengan mengkonsumsi makanan pedas.

Bagaimana bisa ?? Menurut beberapa penelitian mengungkapkan bahwa rasa pedas pada cabai memiliki kandungan capsaicin, capsaicin merupakan bahna kimia yang terdapat pada cabai ini memiliki khasiat sebagai antioksidan, anti-inflamasi dan memiliki sifat anti kanker serta anti obesitas dalam mengurangi kalori dalam tubuh yang bisa menjadi penumpukan pada ariteri koroner. Penelitian ini diterbitkan dalam British Medical Journal.

Penelitian ini dilasir Daily mail (6/8) dilakukan oleh 487.000 orang china yang berusia antara 30 sampai usia 79 tahun, dan hasil dari studi ini memberikan efek positif.

beberapa orang yang tidak minum alkohol memakan pedas setiap hari antara 3 kali sekali memilii resiko lebih kecil terkena serangan jantung  dan kematian akibat penyakit jantung koroner, dibanding dengan mereka yang tidak sama sekali mengkonsumsi pedas setiap kalinya.

Para ilmuwan menyambut baik temuan ini, namun mereka menekankan bahwa hasil studi ini harus diperlakukan dengan hati-hati. “Hubungan antara makan makanan pedas dan tingkat kematian yang lebih rendah tentunya hanya terjadi pada orang yang tidak minum alkohol sama sekali,” jelas Professor Kevin McConway dari Open University.

Demikianlah penjelasan kami tentang manfaat cabai dapat menurunkan resiko kematian akibat penyakit jantung, semoga bermanfaat.



(Sumber : ahlipenyakitjantung.web)