MANFAAT PADA CABAI MERAH

Article bejo | July 2017

Cabai merah merupakan salah satu bumbu dapur yang paling sering digunakan untuk menyedapkan masakan. Meskipun memiliki cita rasa yang pedas tetapi cabai merah tetap memiliki penggemar dan di sukai oleh banyak orang karena selain mampu menambah rasa nikmat pada makanan, cabai merah juga memiliki manfaat luar biasa yang sangat baik bagi kesehatan tubuh kita.

 

Mungkin orang lebih mengetahui mengenai kegunaan cabai merah daripada manfaatnya, padahal perlu kita ketahui bahwa Beberapa kandungan penting dalam cabai merah adalah kapsaisin, dihidrokapsaisin, vitamin A, vitamin C, damar, karoten, kapsarubin, zeasantin, kriptosantin, dan mengandung mineral, seperti zat besi, kalsium, dan niasin. Berikut ini adalah beberapa manfaat cabai merah :

 

1. Membuat Pencernaan Menjadi Sehat

Selama ini banyak orang yang mengatakan bahwa cabai merah merupakan salah satu penyebab seseorang mengalami masalah pencernaan dan membuat perut menjadi sakit. Hal tersebut ternyata tidaklah benar karena ternyata menurut penelitian mengatakan bahwa mengkonsumsi cabai merah justru membuat pencernaan kita menjadi sehat.

 

Kandungan capsaicin pada cabai merah mampu merangsang mikroorganisme baik pada pencernaan yang meningkatkan penyerapan nutrisi untuk sumber metabolisme. Tidak hanya itu saja, cabai merah juga bermanfaat untuk mencegah gangguan kronis pada pencernaan serta membunuh bakteri penyebab tukak lambung.

 

2. Meringankan Rasa Nyeri

Cabai merah mengandung vitamin A, C, dihidrokapsaisin, damar, zat warna kapsantin, karoten, kapsarubin, zeasantin, kriptosantin, clan lutein dan capsaicin yang mana ini sangat baik bagi kesehatan tubuh. Kandungan capsaicin didalam cabai mampu menghalangi aktivitas kerja otak ketika adanya sinyal rasa sakit. Dengan terhalangnya sinyal-sinyal rasa sakit tersebut maka tentu saja akan membuat rasa sakit atau nyeri yang Kamu rasakan akan berkurang.

 

3. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Selain mampu membuat pencernaan menjadi sehat, mengkonsumsi cabai merah juga bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga membuat tubuh menjadi lebih kebal terhadap serangan penyakit.

 

4. Menurunkan Berat Badan

Untuk menurunkan berat badan memang di perlukan latihan dan olaharaga secara rutin. Nah, selain dengan berolahraga dan diet ternyata mengkonsumsi cabai juga bisa membantu menurunkan berat badan kita loh. Kandungan capsaicin dan dihydrocapasite yang terdapat didalam cabai merah mampu membantu meningkatkan pengeluaran energi selama beberapa jam setelah kita mengkonsumsi cabai merah. Tidak hanya itu saja, cabai merah juga bisa membantu kita agar lebih cepat kenyang sehingga membuat kita tidak terlalu banyak makan.

 

 

5. Melancarkan Pernafasan

Kemudian manfaat cabai merah selanjutnya adalah mampu membantu melancarkan pernafasan. Rasa panas dan pedas dari cabai merah ini mampu merangsang sekreasi yang membantu membersihkan lendir yang ada di hidung dan mengatasi sesak pada paru-paru sehingga pernafasan kita menjadi terasa lancar.

 

6. Mengatasi Rematik

Rematik merupakan salah satu penyakit yang cukup banyak dialami oleh masyarakat Indonesia. Rematik tidak hanya bisa diatasi dengan obat-obatan saja tetapi juga bisa dobati dengan menggunakan cara-cara alami. Salah satu cara alami untuk mengobati rematik ini adalah dengan menggunakan cabai merah.

 

Cara membuat ramuan dari cabai untuk mengatasi rematik yang Kamu derita sangatlah mudah yaitu Kamu cukup haluskan saja kurang lebih 10 gram cabai merah dan kemudian setelah halus maka campurkan dengan setengah gelas air hangat. Setelah itu, oleskan ramuan cabai merah tersebut pada bagian tubuh yang mengalami nyeri akibat terkena rematik.

 

7. Mengobati Luka Lebih Cepat

Bagi Kamu yang mengalami luka akibat benda tajam maka bisa memanfaatkan cabai merah untuk menyembuhkan luka tersebut. Caranya sangat mudah yaitu Kamu cukup haluskan saja cabai merah secukupnya lalu tempelkan pada bagian kulit yang terlukan. Meskipun rasanya agak sedikit panas tetapi cara ini mampu mempercepat penyembuhan luka yang Kamu alami.

 

8. Mengobati Bisul

Bisul bukanlah penyakit yang sepele karena penyakit yang satu ini sangat menjengkelkan dan membuat kita mejadi serba salah, apalagi bisul tersebut tumbuh di bagian pantat maka sudah pasti akan membuat kita susah untuk duduk.

 

Nah, bagi Kamu yang pada saat ini sedang mengalami penyakit yang satu ini maka cobalah diatasi dengan menggunakan daun cabai merah. Caranya mudah, ambil beberapa buah daun cabai dan kemudian bersihkan atau cuci dengan air. Setelah itu, oleskan daun cabai dengan minyak sayur dan kemudian layukan diatas api kecil. Apabila sudah layu, tempelkan daun cabai tersebut selagi hangat pada bagian kulit yang terdapat bisul.

 

9. Mencegah Stroke

Kandungan capsaicin didalam cabai merah juga mampu mencegah adanya penyumbatan pada pembuluh darah sehingga hal ini membuat jantung kita lebih sehat dan membuat kita terhindar dari penyakit stroke.

 

10. Mengurangi Pegal-Pegal

Kemudian manfaat cabai merah yang terakhir adalah bisa membantu mengurangi rasa pegal-pegal di tubuh. Senyawa kapsisikol yang terdapat didalam cabai akan memberikan efek hangat bagi tubuh. Nah, efek hangat inilah yang mampu membantu untuk menghilangkan rasa pegal pada tubuh kita.

 

 

 

 

source: cantiksehatgue.blogspot.co.id